Cara Menghemat BBM

Cara Menghemat BBM

Untuk dapat mengatasi harga bbm yang semakin mahal, maka penghematan bbm adalah jalan terbaik untuk menekan pengeluaran anda. Ada banyak cara menghemat uang untuk membeli bahan bakar minyak. Namun, cara paling efektif sebenarnya adalah mengurangi jumlah bahan bakar yang kita pakai.

Saat ini marak beredar mobil irit dengan harga murah. Namun sebenarnya dengan mobil irit pun, jika cara pengemudi merawat dan menggunakan mobil tersebut salah, maka tetap saja mobil tersebut tetap boros bahan bakar. Jadi entah itu mobil dengan brand apa pun juga, siapapun bisa mempelajari cara berkendara hemat BBM.

Berikut ini merupakan beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menghemat konsumsi bahan bakar minyak :

1. Jangan Panasi Mesin Mobil Terlalu Lama

Kebiasaan pengendara di Indonesia adalah mereka selalu menghidupkan mesin untuk beberapa saat sebelum menggunakan mobil mereka. Kegiatan ini memang diperlukan bagi kendaraan keluaran lama, namun sudah bisa ditinggalkan di jenis kendaraan keluaran terbaru.

Kegiatan yang umum disebut memanaskan mesin mobil ini sendiri bisa menjadi salah satu penyebab bahan bakar terkuras dari tangkinya. Hal ini bisa terjadi jika pengguna memanasi mobil terlalu lama atau dengan menginjak pedal gas dalam - dalam.

2. Selalu Cek Mesin Kendaraan

Kondisi mesin yang selalu prima akan mempengaruhi konsumsi bahan bakar mobil. Itulah kenapa pengecekan rutin harus dilakukan. Tidak sulit untuk melakukannya. Setiap kali sebelum berkendara, nyalakan mesin mobil dan dengarkan bunyinya. Bunyi mesin yang normal pastinya terdengar halus sesuai dengan jenis mesin mobil itu sendiri. Selain itu jangan lupa untuk melakukan servis secara rutin. Periksa buku manual kendaraan untuk mengetahui kapan mobil harus diservis.

3. Pompa Ban Mobil Dengan Benar

Ban yang dipompa dengan benar akan mengurangi pemakaian bensin sampai 3%. Ban mobil anda kehilangan tekanan 1 PSI per bulan, dan ketika ban dingin (misalnya saat musim dingin), tekanan juga akan berkurang karena suhu lingkungan. Dianjurkan untuk memeriksa tekanan ban sebulan sekali, lebih baik lagi tiap minggu. Dengan ban yang dipompa dengan benar juga akan mengurangi resiko ausnya ban.

4. Jangan Nyalakan AC Jika Tidak Dibutuhkan

AC memang mampu membawa kesejukan. Namun jika tidak begitu penting, sebaiknya matikan saja. AC yang sedang aktif sebenarnya cukup membebani mesin. Beban yang harus ditanggung mesin juga tidak sedikit, terlebih jika AC di setting ke suhu yang sangat rendah. Dengan demikian, beban yang harus ditanggung oleh mesin bisa sedikit berkurang.

5. Pilih Bahan Bakar Berkualitas

Hal ini mungkin banyak diremehkan. Namun perlu diketahui, jenis bahan bakar yang digunakan juga bisa membantu Anda untuk lebih menghemat bensin. Pilih bahan bakar dengan nilai oktan yang sesuai dengan kebutuhan mobil Anda. Jangan pilih yang lebih rendah hanya untuk menghemat pengeluaran.

Dengan menggunakan bahan bakar yang lebih murah tak menjamin Anda bisa lebih hemat biaya. Mungkin cara ini cukup efektif untuk jangka pendek. Namun untuk jangka panjang, bisa dipastikan mesin akan semakin boros seiring dengan berjalannya waktu. Menggunakan bahan bakar sesuai dengan rekomendasi pabrik juga membantu menjaga mesin agar tidak cepat kotor.

6. Menggunakan Oli Sintetis

Menggunakan oli sintetis akan menghemat bbm sebanyak 5%. Ingat untuk mengganti oli dalam rentang waktu sesuai petunjuk. Memperpanjang masa ganti oli akan berbahaya pada umur mesin anda dan penghematan akan berkurang karena oli kotor. Jika anda tidak bisa menggunakan oli sintetis, pilih oli yang paling encer. 5W - 30 lebih baik daripada 15W - 50.

7. Perhatikan Beban

Semakin berat beban yang anda bawa pada mobil anda, maka konsumsi bahan bakar juga meningkat karena setiap 50 kg beban akan menambah konsumsi bahan bakar sebesar 2 %. Untuk itu ada baiknya jika anda membawa barang yang benar - benar anda perlukan untuk menghemat BBM pada mobil anda.

8. Mengatur Putaran Mesin

Ketika sudah mengendarai mobil, ketangkasan pengemudi lah yang menjadi penentu irit atau borosnya sebuah kendaraan mereka.

Salah satu cara efektif untuk menghemat konsumsi BBM saat berada di jalan adalah dengan mengatur putaran mesin dengan memasukkan gear di saat yang tepat. Melaju dengan putaran mesin terlalu tinggi atau rendah secara konstan tentu akan membuat konsumsi bahan bakar jadi mengucur deras. Putaran mesin ideal saat berkendara adalah sekitar 3.000 rpm.

Itulah beberapa cara menghemat BBM pada mobil bensin dan diesel yang dapat anda gunakan. Pastikan untuk menghemat bahan bakar untuk menjaganya sehingga berguna untuk menghemat pengeluaran anda

kredit mobil bekas dengan dp rendah serta cicilan yang ringan untuk seluruh wilayah indonesia
untuk keterangan selengkapnya silahkan hubungi marketing officer kami dibawah ini :
Contact : Sukma Dinata
Telp/Whatsapp/Line: 081280295839
BBM. D12BF22E
Diberdayakan oleh Blogger.