Cara Memilih Mobil Bekas Yang Bagus

Cara Memilih Mobil Bekas Yang Bagus

Bukan hal yang mudah dalam memilih mobil bekas berkualitas. Apalagi saat ini makin banyak cara untuk mengubah mobil bekas berkualitas buruk menjadi nampak bagus. Membeli mobil baru memang merupakan impian hampir setiap orang, Namun seiring dengan naiknya harga mobil setiap tahun cukup memberatkan anda untuk dapat memiliki mobil baru. Membeli mobil bekas merupakan salah satu solusi yang tepat bagi anda untuk dapat menikmati kemewahan, fitur dan kenyamanan mobil mahal dengan harga yang terjangkau.

Mobil bukan lagi menjadi barang yang mewah, Karena sekarang ini anda tidak perlu memiliki uang yang sangat banyak hanya untuk membeli mobil. Dengan harga mobil bekas yang relatif murah, Kini anda juga dapat membeli mobil yang anda impikan dan tentunya memiliki performa yang cukup baik, Setiap mobil bekas memiliki harga yang berbeda-beda tergantung dari merk dan spesifikasi, Semakin baik spesifikasinya semakin mahal juga biasanya harga yang ditawarkan. Keuntungan membeli mobil second adalah harga mobil jauh lebih murah dari mobil baru. Bahkan saat ini anda dapat memiliki mobil bekas tanpa membelinya secara tunai, Karena anda bisa mendapatkannya secara kredit dengan mengajukan pembiayaan mobil bekas di perusahaan leasing terpercaya, Misalnya dengan mengajukan pembiayaan mobil di leasing adira finance.

Memilih mobil bekas itu tidak mudah, Banyak hal yang perlu diperhatikan untuk memastikan target mobil yang akan anda beli dalam keadaan baik, siap pakai dan tidak bermasalah di kelengkapan surat. Bagaimana sebenarnya cara membeli mobil bekas yang paling aman. Berikut tips singkat cara memilih dan membeli mobil bekas.

1. Penjual Harus Terpecaya

Sekarang ini banyak kriteria penjual yang dapat anda pilih, ada beberapa orang yang lebih suka memilih dahulu target mobil bekas mereka melalui internet, banyak sekali forum jual beli mobil yang ada di indonesia biasanya setiap hari akan ada penjual mobil berbeda yang memiliki spesifikasi kondisi mobil yang berbeda juga. Jika anda ingin menggunakan cara ini maka anda harus lebih sering mengamati lapak penjual. jadi ketika ada kriteria mobil yang memiliki spesifikasi harga dan kondisi yang sesuai, maka anda bisa langsung menghubungi si penjual.

2. Beli Dari Orang Pertama

Membeli dari showroom memang menyediakan banyak pilihan, namun anda tidak dapat menggali informasi tentang latar belakang mobil langsung dari pemiliknya. Selain itu, membeli langsung dari pemiliknya membuat harga menjadi lebih murah. Dalam hal ini, pembeli dan penjual bertransaksi secara langsung tanpa adanya pembagian kepada pihak ketiga seperti makelar atau showroom.

3. Cari Tahu Latar Belakang Mobil

Latar belakang mobil adalah hal yang perlu anda perhatikan sebelum memutuskan membeli sebuah mobil bekas. Jika anda bertemu dengan pemilik mobil secara langsung, hal ini akan memudahkan anda untuk mencari tahu latar belakang mobil.

4. Cek Performa Mesin

Mesin adalah hal pertama yang perlu anda pastikan baik, kerusakan pada mesin akan membuat banyak pengeluaran lain setelah membeli mobil bekas. walaupun bekas, Anda bisa saja mendapatkan mobil bekas dengan kondisi mesin yang masih memiliki performa yang bagus.

5. Cek Bodi Mobil

Sebelumnya, mintalah ijin kepada pemilik mobil untuk memeriksa kendaraannya. Dengan melakukan cek fisik, Anda akan segera mengetahui kejujuran si pemilik mobil. Perhatikan kondisi cat mobil, apakah masih mulus atau ada titik-titik karat, goresan, penyok, atau bekas tambalan. Perhatikan setiap detail bodi mobil tersebut, dari depan sampai belakang, dari atas sampai bawah, dari kanan ke kiri.

Perhatikan pula plafon (bagian atas mobil). Plafon yang masih bagus adalah yang masih tebal karena akan melindungi suhu udara di dalam mobil terutama pada siang hari. Selain itu, perhatikan keempat ban, apakah masih bagus atau sudah mulai aus. Jika ada yang menipis, tentu anda harus mengeluarkan uang lagi untuk menggantinya.

6. Cek Interior Dan Aksesoris Mobil

Yang tak kalah penting adalah anda harus cek interior dan aksesoris mobil, usahakan anda mendapatkan interior dan aksesoris yang masih original bawaan dari merk mobil tersebut, karena kualitas standar pabrikan biasanya lebih bagus daripada hasil custom. Perhatikan juga apakah banyak kerusakan pada interior misalnya kulit jok robek, AC mati, kondisi audio yang kurang baik, karena setiap kerusakan akan menentukan harga mobil.

7. Lakukan Test Drive

Tips lain untuk memilih mobil bekas berkualitas adalah mencoba mengendarai mobil itu atau test drive. Dengan mengendarai mobil tersebut, akan memudahkan anda memeriksa kenyamanan dan keadaan rem yang menjadi salah satu komponen paling penting sebuah mobil.

Saat anda mengerem pada kecepatan 50 Km/jam, seharusnya tidak ada getaran pada pedal rem atau terdengar bunyi mendecit. Jika ini terjadi, Anda sebaiknya mengurungkan niat membeli mobil ini, kecuali jika mendapat negosiasi harga yang sesuai untuk biaya perbaikan rem.

8. Periksa Kelengkapan Surat

Mobil yang menjadi target harus memiliki kelengkapan surat dan pastikan kelengkapan surat asli, karena saat ini banyak sekali beredar mobil curian dilengkapi dengan STNK dan BPKB palsu.

9. Asuransi

Akan ada nilai lebih jika anda membeli mobil yang sudah di sertai asuransi, pastikan anda dapat balik nama asuransi yang telah di gunakan. Paling bagus adalah mencari penjual yang berasal dari kota yang sama dimana anda tinggal sehingga kelengkapan surat, asuransi dan kebutuhan lain dapat dengan mudah diurus oleh anda dan penjual secara langsung.

Demkian informasi mengenai cara memilih mobil bekas yang bagus. Semoga bermanfaat

Untuk mengajukan pembiayaan mobil bekas di seluruh wilayah indonesia, Silahkan hubungi marketing officer kami berikut ini :
Contact : Sukma Dinata
Telp/Whatsapp/Line: 081280295839
BBM. DC59FE67

Diberdayakan oleh Blogger.